Pengertian Wifi: Fungsi Dan Cara Kerjanya Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Pengertian Wifi: Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian Wifi Fungsi Dan Cara Kerjanya

Ketika bepergian ke tempat umum seperti restoran atau kafe, stasiun, perpustakaan umum, dan sebagainya, pertanyaan paling umum yang sering diajukan untuk pelayan atau petugas di tempat umum tersebut yakni: “ada Wifi atau tidak?”.

Telah banyak tempat komersil yang menarik pelanggan dengan cara mempromosikan Wifi gratis untuk siapapun yang mau berkunjung sambil bersantai sejenak. Akan tetapi tahukah kamu apa pengertian Wifi itu, dan apa hubunganya dengan hotspot, yang juga telah sering disamaratakan artinya?

Pengertian Wifi

Secara umum, pengertian Wifi ialah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, dengan melalui Wifi.

Perangkat elektronik tersebut harus berada dalam sebuah titik akses (hotspot) jaringan nirkabel untuk bisa terhubung dengan Wifi. Dalam sebuah jaringan Wifi, biasanya titik akses mempunyai jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, dan ada juga yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan.

Wifi sendiri merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk dapat terhubung dengan sebuah perangkat elektronik, Wifi menggunakan frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz hingga 5GHz. Semakin berkembangnya zaman mengubah internet dari yang sebelumnya hanya menjadi kebutuhan tersier, kini seakan-akan telah berubah menjadi kebutuhan primer.

Karena itulah kemudian cukup banyak juga pebisnis yang memanfaatkan adanya Wifi agar pelanggannya dapat menikmati waktu lebih lama di restoran atau cafe miliknya.

Fungsi Wifi

Berikut ini fungsi Wifi, diantaranya:

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Sebuah Jaringan

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas akan penggunanya, Wifi dapat digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam sebuah jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalkan kamu mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat yang lainnya. Wifi bisa dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan juga menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan juga efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Memang dengan adanya Wifi, sebuah smartphone bisa terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Tetapi tak hanya itu, jika smartphone kamu mendukung perangkat wireless, maka kamu dapat menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.

Hal ini sangat berguna terutama apabila kamu bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wifi. Apabila paket data kamu cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, kamu dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal ini tentu telah dipahami oleh para pengguna smartphone. Berbeda ketika sedang mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wifi akan lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya yakni kamu dapat melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, dan juga akses yang tidak membutuhkan loading.

Cara Kerja Wifi

Sederhananya, Wifi bekerja dengan memafaatkan sebuah gelombang radio. Berbagai data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara dengan menggunakan gelombang radio. Agar bisa menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio ini, sebuah komputer harus mempunyai adaptor wireless sehingga terhubiung dengan Wifi.

Gelombang radio yang berupa sinyal ini kemudian dikirim menuju router yang mempunyai fungsi sebagai decoder (penerjemah kode). Setelah kemudian diterjemahkan, data tersebut dikirim ke sebuah jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi ethernet.

Jaringan Wifi bekerja dengan dua arah, setiap data yang diterima melalui internet juga dalam waktu yang bersamaan melewati router untuk kemudian dijadikan kode olehnya pada setiap paket data, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang akan diterima oleh adaptor komputer nirkabel.

Demikianlah pengertian, fungsi, dan cara kerja Wifi yang selama ini telah digunakan oleh banyak orang. Wifi ini tentu mempunyai kelebihannya tersendiri, seperti memudahkan pengguna sebab lebih fleksibel dan juga pengguna dapat berpindah tempat, jaringan internet bisa diakses lebih mudah, juga penggunaan listrik yang lebih minimal. Walau begitu tak dapat dihindari pula terdapat kekurangan yang perlu diwaspadai, seperti jaringan yang kurang aman dan juga dapat disadap, perangkat yang cukup mahal, juga kekuatan sinyal yang bisa menurun apabila kondisi cuaca buruk.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises