Pengertian Saklar: Jenis Dan Cara Kerjanya Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Pengertian Saklar: Jenis Dan Cara Kerjanya

Pengertian Saklar: Jenis Dan Cara Kerjanya

Seperti yang telah banyak diketahui, listrik yang digunakan di kehidupan sehari-hari bekerja dengan melalui rangkaian sistematis. Di mana membutuhkan beberapa komponen yang saling terhubung, sehingga listrik bisa mengalir dan juga bisa digunakan sehari-hari. Baik listrik untuk penerangan hingga listrik untuk mengoperasikan berbagai macam peralatan.

Pengertian Saklar 

Salah satu komponen dalam listrik yang berperan penting yakni saklar. Saklar ialah perangkat yang disusun untuk memutus aliran elektron atau listrik dalam suatu rangkaian. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis saklar dengan karakteristik dan dengan cara kerja yang berbeda.

Jenis saklar secara umum dibedakan menjadi dua kategori yakni jenis saklar berdasarkan spesifikasi dan juga jenis saklar berdasarkan penggunaan. Jenis saklar berdasarkan spesifikasi ini berupa saklar satu arah dan saklar dua arah. Sedangkan saklar yang berdasarkan penggunaan berupa saklar khusus atau do not disturb switch, saklar regulator ringan, dan juga saklar tombol tekan lonceng.

Bukan hanya dari karakteristik dan cara kerjanya, masing-masing jenis saklar ini juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dengan begitu, sangat penting untuk memahami berbagai jenis saklar listrik dan ciri-cirinya berikut. Selain itu, perlu juga untuk mengetahui bagaimana cara kerja saklar listrik secara keseluruhan sehingga mampu mengalirkan listrik dengan baik.

Jenis Saklar Berdasarkan Spesifikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis saklar telah dibedakan menjadi beberapa kategori, salah satunya yakni jenis saklar berdasarkan spesifikasi. Jenis saklar spesifikasi ini dibagi menjadi dua yakni saklar satu arah atau kutub tunggal, dan juga saklar dua arah atau kutub ganda.

Saklar satu arah ialah jenis saklar yang paling umum digunakan. Biasanya saklar jenis ini dipakai untuk lampu, atau perangkat lain dari satu lokasi. Karakteristik utama dari sklar satu arah mempunyai tanda ON dan OFF sederhana. Sakelar listrik satu kutub atau satu arah umumnya dilengkapi dengan dua terminal sekrup berwarna kuningan dan juga dihubungkan ke kabel "panas" (pembawa arus), yang biasanya memiliki warna hitam.

Fungsi terminal kuningan ini untuk tempat untuk kabel panas pembawa arus masuk dan arus keluar dari perangkat. Sebagian besar saklar satu arah juga menyertakan terminal arde yang berfungsi untuk menghubungkan kabel arde sirkuit. Satu arah saklar pada dasarnya beroperasi sebagai saklar make atau break. Ketika ON, maka kedua terminal terhubung, dan ketika OFF, maka kontak antara keduanya terputus.

Berikutnya saklar dua arah atau kutub ganda yang lebih sering digunakan dalam aplikasi industri tetapi juga bisa ditemukan di beberapa sistem pengkabelan rumah. Seperti sakelar kutub tunggal, sakelar listrik dua arah atau kutub ganda mungkin juga mempunyai tanda ON dan OFF. Sakelar ini mengontrol sebuah perangkat atau peralatan lebih dari satu lokasi.

Sakelar kutub ganda mempunyai empat terminal kuningan panas (bukan dua terminal seperti saklar satu arah). Ini juga mempunyai terminal ground, yang memungkinkan untuk dihubungkan ke dua pasang kabel panas.

Sakelar dua arah atau kutub ganda pada dasarnya ialah dua sakelar satu arah yang digabungkan menjadi satu. Salah satu terminal bisa dihubungkan ke salah satu dari dua terminal lainnya akan tetapi kedua terminal tidak bisa dihubungkan pada saat yang bersamaan. Ketika ingin membuat koneksi dengan satu terminal, maka koneksi dengan terminal lainnya terputus.

Kutub ganda atau saklar dua arah biasanya digunakan untuk 30 amp (dibandingkan dengan 15 atau 20 amp dalam kasus sakelar standar), sehingga sakelar ini bisa mengontrol peralatan dengan permintaan listrik yang lebih tinggi tinggi, seperti motor, dan juga mesin.

Jenis Saklar Berdasarkan Penggunaan

Berikutnya ialah jenis saklar berdasarkan penggunaan. Jenis saklar berdasarkan penggunaan terbagi menjadi tiga, yakni saklar do not disturb switch, dan saklar regulator ringan, serta saklar tombol tekan lonceng.

Masing-masing dari ketiga jenis saklar ini mempunyai ciri-ciri khusus yang menjadi keunikan tersendiri. Yang pertama, saklar do not disturb, yakni jenis saklar yang jarang dijual di pasaran. Saklar ini biasanya digunakan di beberapa tempat seperti rumah sakit dan juga hotel. Dalam operasinya, saklar do not disturb membutuhkan sentuhan lembut untuk mengalirkan listrik dengan baik dan juga menyeluruh. Disebut do not disturb, karena saklar jeni ini digunakan untuk memastikan pribasi dan juga keheningan.

Berikutnya saklar regulator ringan yakni saklar yang digunakan untuk mengontrol atau mengubah kecepatan kipas angin atau terkadang untuk mengubah intensitas cahaya antara terang dan menjadi redup. Umumnya, regulator digunakan untuk memutar dengan bertahap, sehingga setiap langkah akan mewakili tingkat kecepatan kipas tertentu. Tetapi saat ini sudah ada jenis saklar regulator yang bisa memutar secara bebas tanpa langkah atau level tertentu.

Terakhir yakni jenis saklar tombol lonceng. Saklar tombol lonceng atau bell push biasanya terhubung dengan bel pintu. Jadi, ketika sakelar ditekan kemudian akan membunyikan bel yang telah terhubung dengannya. Saklar ini telah banyak digunakan di rumah, kantor, hingga berbagai tempat yang membutuhkan tanda suara atau bunyi bel.

Cara Kerja Saklar secara Umum

Dalam sebuah rangkaian saklar, terdapat fusebox yang mempunyai fungsi sebagai sumber listrik. Agar saklar listrik dapat berfungsi, saklar itu harus terhubung ke kotak sekering dan juga beban. Jenis kabel tertentu digunakan untuk menghubungkan sumber daya ke saklar dan juga stop kontak yang menggerakkan beban.

Terdapat tiga kabel, kabel panas, kabel netral, dan juga kabel ground di dalam kabel berinsulasi ini, yakni:
  • Hotwire: kabel yang akan terhubung ke salah satu terminal pada sakelar dan juga stop kontak daya beban.
  • Kabel netral: kebel yang akan menghubungkan terminal lain ke beban.
  • Kabel ground: kabel yang akan terhubung ke stop kontak.
Kontak listrik pada sakelar menyatukan kedua terminal. Sambungan ini akan terhubung ketika menghidupkan saklar. Ketika saklar dimatikan, kontak ini akan putus. Arus akan dikendalikan oleh posisi di mana saklar berada.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises