Cara Kerja Rem Cakram Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Cara Kerja Rem Cakram

Cara Kerja Rem Cakram

Sistem keamanan kendaraan yang wajib untuk digunakan yaitu rem. Sistem pengereman sendiri ada begitu banyak macamnya contohnya seperti rem cakram, rem mekanik atau tromol, rem angin, rem parkir dan masih banyak lagi.

Di antara itu semua, rem cakram merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Alasan utamanya karena rem ini dapat lebih stabil untuk menghentikan kendaraan.

Bagaimana cara kerja rem cakram sehingga bisa lebih stabil saat digunakan? Apa saja kewajiban pemilik kendaraan untuk merawat komponen ini? Simak penjelesannya.


Keuntungan dan Komponen Utama pada Rem Cakram

Rem cakram lebih sering digunakan untuk sistem keamanan kendaraan karena berbagai keuntungan yang dimilikinya.

Pertama karena rem cakram mampu menciptakan radiasi panas yang lebih baik, apabila terkena air akan segera kering.

Kedua, rem cakram mampu menciptakan pengereman yang lebih baik sehingga hasilnya akan stabil. Tentu hal ini juga disebabkan karena cara kerja rem cakram tersebut.

Ketiga yakni karena komponen utamanya yang sangat simpel.

Berikut ini terdapat tiga komponen utama yang berperan besar dalam cara kerja rem cakram.

1. Piringan Cakram

Komponen rem cakram sepeda motor dan juga mobil yang utama disebut dengan piringan cakram. Piringan ini terbuat dari bahan baja yang mampu menahan panas tinggi.

Khusus untuk motor mempunyai bentuk yang lebih tipis dengan lubang di sekitarnya yang bertujuan untuk mempercepat pendinginan. Piringan tersebut disebut dengan ventilated disk.

Sedangkan piringan cakram mobil yang digunakan lebih tebal dan tidak mempunyai lubang sehingga lebih kuat dan juga cepat dalam proses pengereman. Disebut juga dengan solid disc.

Istilah lain yang digunakan untuk piringan cakram ialah disk brake, di mana komponen inilah yang terhubung dengan poros as roda. Nantinya piringan ini akan dijepit dengan kampas rem dari dua sisi.

2. Kampas Rem

Komponen rem cakram mobil dan juga motor ini yang paling harus sering diganti karena akan aus akibat pemakaian. Kampas rem yaitu komponen yang akan menjepit disk brake dan juga menciptakan gaya gesek sehingga putaran roda bisa berhenti.

Kualitas dari kampas rem yang digunakan pada kendaraan harusl berkualitas baik, karena perannya sangat besar untuk menghentikan laju pada kendaraan.

3. Kaliper Rem

Komponen yang satu ini yang akan menciptakan gerakan mekanis sehingga kampas bisa menjepit piringan cakram. Kaliper rem akan bekerja apabila terjadi tekanan yang dihasilkan oleh fluida minyak rem.

Penjelasan Lengkap Cara Kerja Rem Cakram

Rem cakram ialah salah satu jenis sistem pengereman yang digunakan hampir di semua jenis kendaraan. Baik pada kendaraan mobil atau motor mengandalkan sistem pengereman ini karena lebih stabil.

Pada prinsipnya, minyak rem yang berupa fluida akan memberikan daya tekan sehingga sistem rem akan bekerja. Kampas rem pun akan didorong oleh fluida melalui kaliper sehingga dapat menghentikan putaran dari rotor.

Cara Kerja Rem ketika Diinjak

Proses kerja dimulai ketika menginjak pedal rem pada motor atau mobil. Pada saat itulah tekanan hidrolis pada master silinder akan muncul. Dalam master silinder terdapat minyak rem yang akan memberikan tekanan.

Tekanan tersebut nantinya akan disalurkan ke aktuator rem ataupun kaliper rem. Kaliper akan menggerakan piston, di mana gerakan tersebut bisa mendorong dua buah kampas rem untuk menjepit rotor. Otomatis rem akan bekerja dan juga menggerakkan putaran pada ban kendaraan.

Cara Kerja Rem Ketika Dilepas

Ketika melepaskan pedal rem kendaraan, maka yang terjadi yaitu tekanan hidrolis langsung menghilang. Tidak adanya tekanan ini akan membuat kampas rem tidak mempunyai daya dorong.

Kampas rem yang seharusnya menekan rotor membuat rotor terbebas. Sehingga ban mobil dapat bergerak leluasa sesuai dengan transmisi.


Inilah cara kerja rem cakram ketika sedang menginjak pedal rem atau melepaskannya. Kuncinya terdapat pada semua komponen yang saling terhubung dan juga tekanan yang dihadirkan oleh sistem hidrolik.

Cara Merawat Rem Cakram Pada Kendaraan

Mengingat kerja rem cakram yang begitu berat pada kendaraan, maka dari itu rem cakram membutuhkan perawatan yang lebih intens. Sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang hingga saat ini masih saja menyepelekan perawatannya.

Padahal apabila minyak rem atau salah satu komponen dari rem cakram rusak, maka dapat menimbulkan kecelakaan saat berkendara. Supaya tidak terjadi kecelakaan, ikuti beberapa tips perawatan rem cakram sebagai berikut ini:

1. Membersihkan Kampas Rem dan juga Disk Brake

Dua komponen yang akan membantu cara kerja rem cakram jadi lebih baik ini harus rajin dibersihkan. Sistem pengereman dengan model terbuka ini membuat semua jenis kotoran serta partikel asing bisa menempel.

Khususnya ketika saat musim hujan, membuat lumpur lebih sering untuk menempel dan jugad merusak piringan cakram. Ketika banyak kotoran maka kampas rem juga tidak dapat bekerja secara maksimal. Bisa-bisa rem tidak lagi pakem karena kondisi yang kotor.

Oleh karena itu akan lebih baik apabila rajin membersihkannya. R utin mencuci mobil sehingga sistem rem cakram selalu bersih dan juga dalam kondisi prima.

2. Pengecekan Kaliper Rem

Satu lagi komponen yang membutuhkan pengecekan rutin pada saat servis adalah kaliper rem. Bagian inilah yang akan menekan kampas sehingga kendaraan bisa mengerem. Jika bagian ini tidak bekerja, maka pengereman tidak dapat berjalan dengan lancar.

Ciri dari kaliper yang mengalami kerusakan yakni mobil terasa tersendat-sendat ketika direm. Selain itu ketika direm mobil akan terasa limbung. Artinya harus segera mengecek kondisi kaliper rem.

3. Rutin Mengganti Minyak Rem

Minyak rem menjadi bagian vital yang akan menciptakan tekanan. Apabila kondisinya tidak bagus, maka daya tekan pada rem otomatis akan berkurang. Khusus untuk motor ideal waktu penggantiannya ialah setiap 20.000 km hingga 30.000 km sekali.

Sedangkan pada mobil, minyak rem dapat diganti setiap 40.000 km sekali yang biasanya membutuhkan waktu 2 tahun. Penggantian ini dapat juga lebih cepat tergantung dengan pemakaian kendaraan dan juga kondisi dari sistem rem cakram.

4. Mengganti Kampas Rem

Dilihat dari cara kerja pada rem cakram, maka ada komponen yang mempunyai masa pakai yakni kampas rem. Fungsinya ialah harus mampu menghentikan piringan cakram yang putarannya sangat kencang.

Kampas rem dapat mengalami aus sehingga harus diganti secara berkala. Penggantian kampas rem sendiri tidak dapat ditentukan dari berapa jarak yang sudah ditempuh. Karena masing-masing pengemudi mempunyai gaya mengemudi yang berbeda-beda.

Gaya mengemudi tersebut yang menentukan seberapa cepat komponen kampas rem harus diganti. Ciri kampas rem yang perlu diganti ialah rem sudah tidak pakem lagi. Kedua pedal yang diinjak terasa terlalu dalam. Ketiga muncul bunyi yang ketika pengereman. Bunyi tersebut merupakan hasil dari gesekan antar plat yang jika dibiarkan akan merusak kondisi piringan cakram.

Selalu perhatikan kondisi kendaraan pada sistem pengereman karena fungsinya yang sangat vital. Apabila sudah merasa rem cakram kendaraan bermasalah, sebaiknya segera diperbaiki.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises