Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in
Sistem pemindah tenaga ini meliputi unit kopling, transmisi, diferensial, dan poros serta roda kendaraan yang berhubungan satu sama lain. Sedangkan transmisi manual ialah tipe transmisi yang menggunakan clutch yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, serta pemindah gigi yang dioperasikan dengan menggunakan tangan.
Cara Kerja Transmisi Manual
Perbedaan antara transmisi manual dan transmisi otomatis terletak di cara pemindahan transmisi (pindah gigi). Pada mobil yang menggunakan transmisi manual, harus memindahkan sendiri transmisi atau gigi melalui persneling. Pada transmisi manual, gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi atau gearbox untuk beberapa ukuran kecepatan, biasanya berkisar antara 3 hingga 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).Mobil dengan transmisi manual juga memiliki prinsip momen. Yang berarti dengan perbandingan roda gigi, akan dihasilkan momen yang sesuai dengan beban mesin ketika mobil sedang dikendarai. Transmisi manual bekerja dengan menggunakan prinsip yang sederhana dengan rasio roda gigi. Perbedaan output kecepatan bisa dilakukan dengan mengubah rasio roda gigi pada sistem transmisinya. Misalnya ketika melewati jalan menanjak, maka diperlukan torsi yang lebih besar untuk dapat menahan beban yang ada. Torsi didapatkan dengan cara mereduksi kecepatan putar melalui transmisi sehingga didapatkan torsi yang lebih besar pada daya yang sama. Sebaliknya, apabila dibutuhkan torsi yang rendah maka kecepatan yang akan ditingkatkan.
Berdasarkan cara pemindahan gigi transmisi manual dibedakan menjadi tiga macam yakni sliding mesh, constant mesh, dan juga syncromesh.
Komponen Transmisi Manual
Pada sistem transmisi manual terdapat berbagai komponen yang bekerja membentuk sebuah mekanisme perbandingan gear ratio. Berikut ini komponen transmisi manual beserta fungsinya:- Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt) yang berfungsi sebagai poros yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi di dalam girboks.
- Gigi Transmisi (Gear Transmission) yang mempunyai fungsi untuk mengubah input tenaga dari mesin menjadi dari output gaya torsi sesuai dengan yang kebutuhan kendaraan.
- Gigi Penyesuaian (Synchcroniser) yang mempunyai fungsi untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang bekerja.
- Garpu Pemindah (Shift Fork) yang mempunyai fungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya, sehingga gigi mudah untuk dipasang atau dipindahkan.
- Tuas Penghubung (Shift Linkage) ialah tuas yang menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork.
- Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever) yang memungkinkan pengemudi untuk bisa memindahkan gigi transmisi berdasarkan kondisi jalan yang dilewati.
- Bak Transmisi (Transmission Case) yang mempunyai fungsi sebagai dudukan bearing transmisi serta poros-poros. Komponen ini juga akan digunakan untuk wadah penyimpanan oli transmisi.
- Output Shaft, berupa poros yang bisa mentransferkan torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir, sekaligus dudukan persneling.
- Bantalan (Main Bearing) yang mempunyai fungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.
- Counter Gear yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.
- Reverse Gear yang mempunyai fungsi untuk mengubah arah dari putaran output shaft sehingga mobil bisa berjalan mundur.
- Hub Slave yaitu pengunci penyesuaian gigi percepatan sehingga output shaft bisa berputar dan berhenti.
- Speedometer Gear yaitu penggerak kabel untuk mengukur kecepatan mobil yang sedang kamu kendarai.
Comments
Post a Comment