Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in
Operasi motor bensin tergantung dari kerja beberapa sistem (sistem udara dan juga bahan bakar, sistem pengapian, sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem kelistrikan dan sistem pemasukan serta pembuangan). Sistem tersebut terdiri dari beberapa komponen penting diantaranya sebagai berikut:
1. Kepala silinder yaitu komponen penutup blok silinder yang mempunyai fungsi untuk menutup blok silinder, tempat terjadinya pembakaran dan juga sebagai tempat untuk meletakan komponen mesin (mekanisme katub, manifold, injektor dan busi).
2. Tutup kepala silinder (cover cylinder head) yaitu komponen yang menutup bagian atas kepala silinder.
3. Intake camshaft yaitu sebagai penggerak mekanik katup masuk.
4. Exhaust camshaft yaitu sebagai penggerak mekanik katup buang.
5. Pengangkat katup (valve lifter) yaitu komponen pengangkat katup.
6. Mantel air atau saluran air pendingin (water jacket) yaitu saluran sirkulasi air pendingin yang berasal dari blok silinder. Saluran ini mempunyai fungsi untuk mendinginkan kepala silinder.
7. Pegas katup (valve spring) yaitu komponen yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan katup pada posisi awal dan juga memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.
8. Adjusting shim yaitu komponen mesin yang mempunyai fungsi sebagai penyetel katup.
9. Oil seal yaitu komponen perapat untuk mencegah terjadinya kebocoran pelumas agar tidak masuk ke ruang bakar.
10. Katup masuk (intake valve) yaitu komponen yang mengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara saat langkah hisap.
11. Katup buang (intake valve) yaitu kompoenen yang mengatur keluarnya gas sisa pembakaran saat langkah buang.
12. Pegas katup pengembalian (valve spring retainer) yaitu komponen katup yang mempunyai fungsi mengembalikan katup seperti awal.
13. Bantalan penghantar katup (valve guide bushing) yaitu komponen bantalan pengahantar katup.
14. Saluran masuk (intake port) yaitu saluran yang digunakan untuk masuknya udara dan bahan bakar.
15. Exhaust port yaitu saluran yang digunakan untuk keluarnya udara dan bahan bakar.
16. Mekanisme katup yaitu mekanisme yang menentukan waktu katup masuk terbuka dan katup buang tertutup.
17. Pengarah katup (valve guide) yang mempunayi fungsi untuk mengarahkan gerakan secara sliding antara permukaan stem dan valve guide dengan gerakan vertikal dan juga sebagai pengontrol pelumasan pada valve stem.
18. Dudukan kepala katup (valve seat) yaitu komponen yang berbentuk ring yang tahan terhadap panas.
19. Pena katup atau pin katup (valve keepers) yaitu pengunci antara katup dengan pegas.
20. Poros nok (camshaft) yaitu komponen penggerak katup mekanik, di mana gerak membuka dan juga menutup katup sesuai timingnya. Komponen ini menggerakkan pompa bahan bakar dan juga sebagai gigi penggerak distributor.
21. Posos nok penggerak tali (camshaft timing pulley) yaitu komponen untuk menepatkan posisi katup dengan piston.
22. Poros nok gigi penggerak (camshaft drive gear) yaitu kompoenen yang mempunyai fungsi sebagai gigi pemutar.
23. Poros nok peggerak roda gigi (camshaft driven gear) yaitu komponen yang mempunyai fungsi sebagai gigi yang diputarkan.
24. Batang pendorong (push rod) yaitu komponen yang meneruskan gerakan pengangkat katup ke rocker arm.
25. Timing gear, timing belt dan timing chain yaitu komponen yang mempunyai fungsi sebagai penghubung poros engkol dengan poros nok, serta menepatkan posisi katup dengan piston.
26. Manifold yaitu saluran untuk mengalirkan udara atau gas. Terdapat 2 (dua) jenis manifold yakni,
27. Injektor yaitu komponen yang menginjeksikan campuran udara dan bahan bakar dalam bentuk kabut ke ruang bakar.
28. Ruang bakar (combustion chamber) yaitu tempat terjadinya pembakaran bahan bakar.
29. Busi yaitu komponen pemicu proses pembakaran, komponen ini berfungsi memberikan percikan bunga api agar dapat membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan di dalam silinder.
30. Blok silinder yaitu komponen penopang semua bagian utama mesin (kepala silinder, bak karter, piston dan poros engkol), komponen ini tempat bergeraknya piston dan juga tempat terjadinya pembakaran. Pada blok silinder terdapat silinder liner, mantel air (water jacket), lubang pelumas atau saluran pelumas (oil feed), gasket perapat dan juga poros engkol (crankshaftl). Selain itu juga terdapat komponen lain diantaranya yakni ruang silinder, piston, pena piston, batang piston, bantalan atau metal, roda daya (fly wheel), poros nok (camshaft).
31. Silinder liner yaitu komponen yang berbetuk tabung yang dapat diganti dan letaknya didalam blok silinder yang mempunyai fungsi sebagai lintasan gerakan piston dari titik mati atas ke titik mati bawah.
32. Lubang pelumas (oil feed) yaitu sabagai saluran pelumas yang berasal dari blok silinder, tempatnya diantara kepala silinder fungsinya menyalurkan pelumas ke piston.
33. Poros engkol (crank shaft) yaitu pengubah gerak translasi menjadi gerak rotasi
34. Pena engkol (crank pin) yaitu komponen penghubung crankshaft dengan connecting rod.
35. Lengan engkol (crank arm) yaitu bagian yang terdapat pada setiap crank journal.
36. Bantalan engkol (crank journal) yaitu bagian poros engkol yang duduk pada blok silinder.
37. Penyimbang putaran (counter balance weight) yaitu komponen pada poros engkol yang berfungsi menyimbangkan pouatan mesin.
38. Piston yaitu komponen mesin yang menerima tekanan dari hasil pembakaran dan selanjutnya meneruskan gaya tekan tersebut ke poros engkol (crankshaft) melalui batang piston (connecting rod) atau mengubah energi panas menjadi energi gerak. Terdapat 4 (empat) jenis piston yakni:
40. Ring piston yaitu komponen kelengkapan piston yang mempunyai fungsi mempertahankan kerapatan antara piston dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran gas dari ruang bakar ke dalam bak mesin. Terdapat 2 (dua) jenis ring piston yakni
41. Small end yaitu komponen mesin untuk menempatkan pena piston.
42. Big end yaitu komponen yang memegang pin journal pada poros engkol
43. Pena piston (piston pin) yaitu komponen mesin yang menghubungkan piston dengan bagian ujung yang kecil small end pada batang piston.
44. Batang piston (connecting rod) yaitu komponen mesin yang meneruskan gerak piston ke poros engkol. Fungsi dari komponen ini untuk menghubungkan piston dengan poros engkol.
45. Conecting rod cap yaitu komponen mesin yang menahan gerakan connecting rod dengan pena (pin).
46. Wrist pin mempunyai fungsi untuk mengikat ujung batang piston atas (small end) dan ujung batang piston bawah atau big end.
47. Roda daya (fly wheel) yaitu komponen mesin yang memperingan putaran poros engkol dan sebagai starter mesin.
48. Journal yaitu titik tumpu putaran poros.
49. Karburator yaitu pencampur udara dengan bahan bakar.
50. Cut-out groove yaitu komponen yang menggerakkan distributor.
51. Bak engkol mempunyai fungsi untuk tempat penampung oli mesin.
52. Radiator yaitu komponen untuk mendinginkan mesin.
53. Pompa air (water pump) yaitu komponen yang mensirkulasi air.
54. Selang radiator yaitu komponen saluran pengalir air pendingin.
55. Thermo start yaitu pengontrol suhu kerja mesin.
56. Tali kipas (fan belt) yaitu komponen mesin yang menghubungkan kipas pendingin dengan poros nok.
57. Tangki bahan bakar (fuel tank) yaitu komponen sistem bahan bakar yang berfungsi menampung bahan bakar.
58. Pompa bahan bakar (fuel pump) yaitu komponen yang mendorong gerakan bahan bakar dari tangki ke karburator.
59. Baterai yaitu komponen penyimpan arus listrik.
60. Koil yaitu komponen yang merubah arus masuk primer menjadi arus keluar sekunder bertegangan tinggi.
61. Distributor yaitu komponen yang membagikan arus tegangan tinggi ke tiap busi.
62. Kondensator yaitu komponen yang menyimpan arus primer saat platina menutup, dan menyalurkan kembali saat platina membuka.
63. Bak karter (crank case) berfungsi sebagai tempat pelumas untuk melumasi poros engkol (crankshaft) dan bagian-bagian yang bergesekan lainnya.
64. Intake manifold yaitu saluran masuk campuran udara dan bahan bakar.
65. Exhaust manifold yaitu saluran buang sisa hasil pembakaran
1. Kepala silinder yaitu komponen penutup blok silinder yang mempunyai fungsi untuk menutup blok silinder, tempat terjadinya pembakaran dan juga sebagai tempat untuk meletakan komponen mesin (mekanisme katub, manifold, injektor dan busi).
Komponen Dalam Kepala Silinder |
2. Tutup kepala silinder (cover cylinder head) yaitu komponen yang menutup bagian atas kepala silinder.
3. Intake camshaft yaitu sebagai penggerak mekanik katup masuk.
4. Exhaust camshaft yaitu sebagai penggerak mekanik katup buang.
5. Pengangkat katup (valve lifter) yaitu komponen pengangkat katup.
6. Mantel air atau saluran air pendingin (water jacket) yaitu saluran sirkulasi air pendingin yang berasal dari blok silinder. Saluran ini mempunyai fungsi untuk mendinginkan kepala silinder.
7. Pegas katup (valve spring) yaitu komponen yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan katup pada posisi awal dan juga memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.
8. Adjusting shim yaitu komponen mesin yang mempunyai fungsi sebagai penyetel katup.
9. Oil seal yaitu komponen perapat untuk mencegah terjadinya kebocoran pelumas agar tidak masuk ke ruang bakar.
10. Katup masuk (intake valve) yaitu komponen yang mengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara saat langkah hisap.
11. Katup buang (intake valve) yaitu kompoenen yang mengatur keluarnya gas sisa pembakaran saat langkah buang.
12. Pegas katup pengembalian (valve spring retainer) yaitu komponen katup yang mempunyai fungsi mengembalikan katup seperti awal.
13. Bantalan penghantar katup (valve guide bushing) yaitu komponen bantalan pengahantar katup.
14. Saluran masuk (intake port) yaitu saluran yang digunakan untuk masuknya udara dan bahan bakar.
15. Exhaust port yaitu saluran yang digunakan untuk keluarnya udara dan bahan bakar.
16. Mekanisme katup yaitu mekanisme yang menentukan waktu katup masuk terbuka dan katup buang tertutup.
17. Pengarah katup (valve guide) yang mempunayi fungsi untuk mengarahkan gerakan secara sliding antara permukaan stem dan valve guide dengan gerakan vertikal dan juga sebagai pengontrol pelumasan pada valve stem.
18. Dudukan kepala katup (valve seat) yaitu komponen yang berbentuk ring yang tahan terhadap panas.
19. Pena katup atau pin katup (valve keepers) yaitu pengunci antara katup dengan pegas.
20. Poros nok (camshaft) yaitu komponen penggerak katup mekanik, di mana gerak membuka dan juga menutup katup sesuai timingnya. Komponen ini menggerakkan pompa bahan bakar dan juga sebagai gigi penggerak distributor.
21. Posos nok penggerak tali (camshaft timing pulley) yaitu komponen untuk menepatkan posisi katup dengan piston.
22. Poros nok gigi penggerak (camshaft drive gear) yaitu kompoenen yang mempunyai fungsi sebagai gigi pemutar.
23. Poros nok peggerak roda gigi (camshaft driven gear) yaitu komponen yang mempunyai fungsi sebagai gigi yang diputarkan.
Komponen Katup |
24. Batang pendorong (push rod) yaitu komponen yang meneruskan gerakan pengangkat katup ke rocker arm.
25. Timing gear, timing belt dan timing chain yaitu komponen yang mempunyai fungsi sebagai penghubung poros engkol dengan poros nok, serta menepatkan posisi katup dengan piston.
26. Manifold yaitu saluran untuk mengalirkan udara atau gas. Terdapat 2 (dua) jenis manifold yakni,
- Intake manifold ialah pipa pengalir udara bersih dan bahan bakar dari.
- Exhaust manifold ialah pipa pengalir gas sisa pembakaran ke knalpot
27. Injektor yaitu komponen yang menginjeksikan campuran udara dan bahan bakar dalam bentuk kabut ke ruang bakar.
28. Ruang bakar (combustion chamber) yaitu tempat terjadinya pembakaran bahan bakar.
29. Busi yaitu komponen pemicu proses pembakaran, komponen ini berfungsi memberikan percikan bunga api agar dapat membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan di dalam silinder.
30. Blok silinder yaitu komponen penopang semua bagian utama mesin (kepala silinder, bak karter, piston dan poros engkol), komponen ini tempat bergeraknya piston dan juga tempat terjadinya pembakaran. Pada blok silinder terdapat silinder liner, mantel air (water jacket), lubang pelumas atau saluran pelumas (oil feed), gasket perapat dan juga poros engkol (crankshaftl). Selain itu juga terdapat komponen lain diantaranya yakni ruang silinder, piston, pena piston, batang piston, bantalan atau metal, roda daya (fly wheel), poros nok (camshaft).
31. Silinder liner yaitu komponen yang berbetuk tabung yang dapat diganti dan letaknya didalam blok silinder yang mempunyai fungsi sebagai lintasan gerakan piston dari titik mati atas ke titik mati bawah.
32. Lubang pelumas (oil feed) yaitu sabagai saluran pelumas yang berasal dari blok silinder, tempatnya diantara kepala silinder fungsinya menyalurkan pelumas ke piston.
33. Poros engkol (crank shaft) yaitu pengubah gerak translasi menjadi gerak rotasi
Poros Engkol Dan Komponennya |
34. Pena engkol (crank pin) yaitu komponen penghubung crankshaft dengan connecting rod.
35. Lengan engkol (crank arm) yaitu bagian yang terdapat pada setiap crank journal.
36. Bantalan engkol (crank journal) yaitu bagian poros engkol yang duduk pada blok silinder.
37. Penyimbang putaran (counter balance weight) yaitu komponen pada poros engkol yang berfungsi menyimbangkan pouatan mesin.
38. Piston yaitu komponen mesin yang menerima tekanan dari hasil pembakaran dan selanjutnya meneruskan gaya tekan tersebut ke poros engkol (crankshaft) melalui batang piston (connecting rod) atau mengubah energi panas menjadi energi gerak. Terdapat 4 (empat) jenis piston yakni:
- split
- slipper
- autotermic
- oval piston.
40. Ring piston yaitu komponen kelengkapan piston yang mempunyai fungsi mempertahankan kerapatan antara piston dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran gas dari ruang bakar ke dalam bak mesin. Terdapat 2 (dua) jenis ring piston yakni
- Ring kompresi yang mempunyai fungsi untuk memampatkan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder.
- Ring oli (hanya terdapat pada mesin 4-langkah) yang mempunyai fungsi untuk menampung dan juga membawa pelumas serta melumasi komponen dalam ruang silinder.
41. Small end yaitu komponen mesin untuk menempatkan pena piston.
42. Big end yaitu komponen yang memegang pin journal pada poros engkol
43. Pena piston (piston pin) yaitu komponen mesin yang menghubungkan piston dengan bagian ujung yang kecil small end pada batang piston.
44. Batang piston (connecting rod) yaitu komponen mesin yang meneruskan gerak piston ke poros engkol. Fungsi dari komponen ini untuk menghubungkan piston dengan poros engkol.
45. Conecting rod cap yaitu komponen mesin yang menahan gerakan connecting rod dengan pena (pin).
46. Wrist pin mempunyai fungsi untuk mengikat ujung batang piston atas (small end) dan ujung batang piston bawah atau big end.
47. Roda daya (fly wheel) yaitu komponen mesin yang memperingan putaran poros engkol dan sebagai starter mesin.
48. Journal yaitu titik tumpu putaran poros.
49. Karburator yaitu pencampur udara dengan bahan bakar.
50. Cut-out groove yaitu komponen yang menggerakkan distributor.
51. Bak engkol mempunyai fungsi untuk tempat penampung oli mesin.
52. Radiator yaitu komponen untuk mendinginkan mesin.
53. Pompa air (water pump) yaitu komponen yang mensirkulasi air.
54. Selang radiator yaitu komponen saluran pengalir air pendingin.
55. Thermo start yaitu pengontrol suhu kerja mesin.
56. Tali kipas (fan belt) yaitu komponen mesin yang menghubungkan kipas pendingin dengan poros nok.
57. Tangki bahan bakar (fuel tank) yaitu komponen sistem bahan bakar yang berfungsi menampung bahan bakar.
58. Pompa bahan bakar (fuel pump) yaitu komponen yang mendorong gerakan bahan bakar dari tangki ke karburator.
59. Baterai yaitu komponen penyimpan arus listrik.
60. Koil yaitu komponen yang merubah arus masuk primer menjadi arus keluar sekunder bertegangan tinggi.
61. Distributor yaitu komponen yang membagikan arus tegangan tinggi ke tiap busi.
62. Kondensator yaitu komponen yang menyimpan arus primer saat platina menutup, dan menyalurkan kembali saat platina membuka.
63. Bak karter (crank case) berfungsi sebagai tempat pelumas untuk melumasi poros engkol (crankshaft) dan bagian-bagian yang bergesekan lainnya.
64. Intake manifold yaitu saluran masuk campuran udara dan bahan bakar.
65. Exhaust manifold yaitu saluran buang sisa hasil pembakaran
Comments
Post a Comment