Komponen-Komponen Mesin Frais, Jenis Dan Cara Kerjanya Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Komponen-Komponen Mesin Frais, Jenis Dan Cara Kerjanya

Komponen-Komponen Mesin Frais, Jenis Dan Cara Kerjanya
Di dalam dunia industri, mesin frais atau milling machines menjadi salah satu mesin yang dipakai untuk membantu kinerja dan produksi, baik untuk mempercepat waktu proses ataupun menyelesaikan suatu produk pada tahap finishing.

Mesin frais adalah salah satu mesin yang paling menarik bagi orang yang suka dengan dunia manufaktur dan permesinan. Mesin ini bisa ditemukan hampir di semua jenis industri karena fungsinya yang sangat penting. Tak heran apabila kehadiran mesin ini di industri menjadi sebuah keharusan.

Apa Itu Mesin Frais?

Mesin frais ialah mesin yang memiliki fungsi untuk memotong atau mengebor bahan padat seperti logam. Hal ini dilakukan dengan menghilangkan serpihan benda padat tersebut dengan melalui proses putaran pisau cutter frais (milling cutter) yang berkecepatan tinggi dan juga dengan pergerakan alat pemotong tersebut. Proses tersebut dalam istilah manufaktur biasanya disebut dengan proses machining.

Di sisi lain, pisau pemotong frais terdiri dari satu atau lebih sisi potong yang bisa menghilangkan serpihan logam ketika berputar. Terdapat banyak jenis pahat pemotong frais tergantung jenis pekerjaan dan aplikasinya.

Komponen-Komponen Mesin Frais

Komponen-komponen mesin frais yang utamanya terdiri dari beberapa komponen. Semua komponen yang ada mempunyai fungsi yang sama-sama penting. Berikut ini adalah komponen-komponen mesin frais, diantaranya:
  • Spindel utama (spindle) memiliki fungsi untuk mencengkram alat potong, dan dibagi menjadi tiga jenis yaitu horizontal, dan vertical, serta universal spindle.
  • Meja (table) memiliki fungsi sebagai clamping device atau tempat meletakkan benda kerja yang akan diproses, dan mempunyai tiga jenis yaitu fixed table, dan compound table, serta swivel table.
  • Motor drive memiliki fungsi sebagai motor, atau penggerak bagian-bagian mesin lainnya. Terdapat 3 buah motor dalam satu mesin milling ini yakni motor spindle utama, dan motor gerakan pemakanan, serta motor pendingin.
  • Transmisi mempunyai fungsi sebagai penghubung antara motor penggerak dengan benda yang ingin digerakkan. Komponen ini dibedakan menjadi dua macam berdasarkan fungsinya yaitu transmisi spindle utama, dan transmisi feeding.
  • Knee mempunyai fungsi untuk menopang ataupun menahan meja mesin.
  • Column/tiang ialah lokasi menempel nya bagian mesin lainnya.
  • Dasar/base yang terletak di bagian bawah mesin, dan juga bagian yang menopang tiang ataupun badan. Selain itu juga menjadi tempat dari cairan pendingin.
  • Control mempunyai fungsi untuk mengatur bagian mesin yang bergerak

Jenis Mesin Frais

Terdapat banyak macam-macam mesin frais yang tersedia di pasaran, namun kali ini akan dikelompokan berdasarkan posisi spindel utama, dan berdasarkan fungsi penggunaan.

1. Berdasarkan Posisi Spindel Utama

Jenis mesin frais berdasarkan orientasi spindel dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Mesin frais horizontal. Sesuai dengan namanya, poros spindel dan pisau frais dipasang secara horizontal (mendatar) pada komponen yang disebut dengan arbor. Poros ini memiliki fungsi sebagai pemutar dan juga pemegang alat potong. Mesin frais horizontal ialah desain pertama mesin frais yang ada, dilengkapi dengan bridge yang dapat menopang arbor dan meja (table) yang bergerak naik turun pada sumbu vertikal. Mesin ini bisa digunakan untuk memotong alur, rata, roda gigi lurus, membelah atau memotong.
  • Mesin frais vertikal. Telah dilengkapi dengan posisi spindle pada poros vertikal, dan juga tegak lurus terhadap arah kordinat gerakan meja. Jenis mesin frais horizontal dapat dipasangi kepala putar yang memungkinkan untuk melakukan operasi pada suatu tertentu. Fakta lainnya, mesin frais vertikal saat ini lebih banyak digunakan dan merupakan standar dalam hal proses CNC. Mesin ini juga biasa dipakai untuk mengebor.
  • Mesin frais universal. Mesin ini menggabungkan dua tipe sebelumnya yakni dengan menggunakan pisau frais secara horizontal dan vertikal. Hanya saja penggunaan keduanya tidak dapat dilakukan secara bersamaan.
2. Berdasarkan Fungsi Penggunaan

Selanjutnya ialah mesin yang dilihat berdasarkan fungsi penggunaannya. Hal ini penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memilih mesin potong ini.
  • Plano milling. ialah mesin yang dipakai untuk memotong bagian atas atau permukaan (face cutting), dan mesin yang satu ini mempunyai ukuran sangat besar.
  • Surface milling. sesuai dengan namanya dapat memotong bagian permukaan benda. Kegunaannya untuk melakukan produksi secara masal, dan juga alat yang satu ini mempunyai alat pemotong yang naik turun dengan kepala spindle.
  • Tread milling. kegunaan utama dari mesin yang satu ini yaitu untuk pembuatan ulir.
  • Gear milling. yang dipakai untuk membuat gear/roda gigi dan hal lainnya yang sejenis. Alat potong ini dapat digunakan untuk membuat evolventer atau profil roda gigi dengan ukuran yang tepat dan juga presisi.
  • Copy milling. ialah mesin yang dapat dipakai untuk membuat pengerjaan dengan bentuk yang rumit. Cara kerjanya yaitu dengan mengikuti master ataupun desain utama yang sebelumnya telah dibuat dan kemudian mencontohnya.

Cara Kerja Mesin Frais

Cara kerja mesin frais sebenarnya sangat sederhana, dimana pisau yang dipakai akan berputar untuk memotong benda. Namun benda yang ingin dipotong ataupun diproses hanya bergerak secara mendatar ataupun melintang secara bersamaan.

Tujuan alat potong nya memutar supaya potongan yang dihasilkan akan menyeluruh, dan lebih dalam serta lebih cepat. Sekilas prinsip kerja alat ini sama seperti mesin bor yang biasa dipakai untuk melubangi tembok.

1. Gerakan yang Tercipta

Meskipun memilih cara kerja yang serupa, akan tetapi ternyata terdapat beberapa mesin frais yang mempunyai gerakan potong yang berbeda. Dan ternyata gerakan tersebut juga dapat mempengaruhi hasil benda nantinya. 

2. Gerakan Utama

Gerakan ini diukur dengan menggunakan RPM atau rotasi satuan permenit yang gerakannya terbentuk dari putaran alat potong pada spindle utama. Sehingga akan menghasilkan gerakan yang cepat, stabil, dan rapih.

3. Gerakan Pemakanan

Gerakan ini dihasilkan oleh benda yang diproses. Satuan gerakan yang dipakai untuk proses gerakan pemotongan yang satu ini yaitu MM/menit.

4. Gerakan Setting

Sama seperti yang sebelumnya gerakan ini juga ialah gerakan benda kerja yang terjadi di alat potong. Akan tetapi satuan gerakan yang dipakai oleh gerakan ini berbeda dengan gerakan pemakanan.

Itulah tadi penjelasan mengenai mesin frais yang fungsi utamanya adalah memotong, dan ternyata mempunyai banyak jenis di pasaran.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises