15 Fungsi Waduk Bagi Kehidupan Manusia Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

15 Fungsi Waduk Bagi Kehidupan Manusia

15 Fungsi Waduk Bagi Kehidupan Manusia

Waduk 

Waduk atau bisa disebut dengan danau buatan pada dasarnya dibentuk dan dibendung oleh sungai sehingga air bisa ditampung dalam jumlah yang besar. Waduk memang sudah sangat dibutuhkan oleh manusia. Untuk para penduduk yang bertempat tinggal di area dekat aliran sungai akan sangat merasakan manfaat atau dari fungsi waduk tersebut. Lalu, apa saja kira-kira fungsi waduk bagi kehidupan manusia?

Fungsi Waduk   

1. Memudahkan Transportasi

Manusia yang bertempat tinggal di pedalaman tentunya akan kesulitan untuk menemukan transportasi. Dengan adanya waduk atau bendungan tersebut, kapal-kapal yang berukuran kecil bisa melalui air bendungan secara aman karena airnya lumayan dalam. Transportasi yang melewati waduk juga akan bisa menghubungkan kawasan-kawasan di sekitar waduk yang sulit dijangkau dengan alat transportasi darat biasa.

2. Memberikan Lokasi untuk Budidaya Perikanan

Waduk bisa dimanfaatkan untuk membudidayakan perikanan. Walaupun hanya danau buatan, akan tetapi waduk menyediakan lahan yang biasanya dijadikan sebagai tempat keramba jaring apung. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh penduduk yang bertempat tinggal di dekat waduk.

3. Mengalirkan Air ke PLTA

Manusia tentu membutuhkan listrik dan adanya dengan waduk bisa untuk menyediakannya listrik bagi kita di mana aliran air dalam bendungan akan dimanfaatkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA untuk menghasilkan listrik. Debit air akan diatur oleh waduk dengan tekanan tertentu agar turbin listrik bisa bergerak dan menghasilkan energi listrik.

4. Sumber Irigasi

Fungsi waduk yang paling penting sebenarnya yakni sebagai sumber irigasi di mana air akan disediakan oleh waduk untuk membantu kebutuhan pertanian. Waduk akan menyelamatkan pertanian sekalipun disaat musim kemarau tiba.

5. Tempat Penyediaan Air

Air dalam jumlah banyak akan ditampung oleh waduk, dan oleh karena itulah waduk berfungsi sebagai tempat penyediaan atau cadangan air yang akan sangat berguna untuk kepentingan pertanian, industri dan juga rumah tangga. Walau tiba kemarau, warga tidak akan panik dan tidak khawatir akan kekurangan air.

6. Memberikan Sumber Daya Hayati

Danau buatan atau waduk juga akan menyediakan sumber daya hayati yang dapat membantu kelangsungan kehidupan manusia. Sumber daya tersebut meliputi hewan dan juga tumbuhan yang bisa dimanfaatkan manusia, misalnya seperti udang, eceng gondok dan lainnya.

7. Mengendalikan Banjir

Ketika waktu musim hujan datang, banjir menjadi suatu hal yang merepotkan para warga yang tinggal di dekat sungai, tetapi hal ini akan dapat dikendalikan dan bahkan dicegah dengan adanya waduk pada suatu daerah. Debit aliran air bisa diatur oleh waduk sehingga akan mencegah debit air yang keluar dengan berlebihan melalui saluran air maupun sungai.

8. Memberikan Sarana Olahraga Air

Manusia juga bisa memanfaatkan fungsi waduk untuk melakukan sejumlah jenis olahraga air. Contoh olahraga asik yang dapat dilakukan di waduk danau buatan antara lain yakni ski air, dan mendayung, serta berenang.

9. Menyediakan Mata Pencaharian bagi Warga Sekitar

Waduk yang berisi sumber daya hayati tentu akan menjadi hal yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, bukan hanya sekadar untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, melainkan dapat membuka peluang usaha bagi para penduduk sekitar. Contoh yang paling umum yaitu nelayan yang mencari ikan dan udang di waduk yang kemudian bisa dijual.

10. Menjadi Lokasi Konservasi Hewan dan Tumbuhan

Hewan dan juga tumbuhan air yang bervariasi bisa ditemukan di danau buatan karena memang waduk sangat bermanfaat dalam penyediaan lahan yang digunakan untuk makhluk-makhluk hidup tersebut untuk berkembang biak. Tumbuhan dan hewan air akan lebih aman apabila mereka hidup di waduk yang luas, bahkan tumbuhan pun akan dapat tumbuh lebih subur.

11. Menyediakan Air Bersih bagi Penduduk

Tidak hanya sekadar untuk menjadi penyedia air berlebih untuk warga yang tinggal berada di dekat area waduk, danau buatan juga mempunyai air yang bersih untuk dapat dimanfaatkan oleh para penduduk. Khusus untuk waduk pelayanan, air yang tersedia dijamin bersih karena telah melalui proses sterilisasi sehingga penduduk bisa menggunakannya untuk memasak, mencuci ataupun membersihkan diri.

12. Sebagai Obyek Wisata

Manusia tentu akan membutuhkan sebuah rekreasi, dan rata-rata waduk juga dibuka untuk umum dan digunakan sebagai obyek wisata. Waduk yang biasanya dijadikan sebagai tempat wisata ialah waduk yang dibangun memakai semen pada sisi-sisi waduk. Didukung juga dengan adanya pemandangan alam sekitar yang indah, para wisatawan akan menemukan ketenangan selama berada di waduk.

13. Tempat Memancing

Manusia tentu mempunyai hobi atau kegemaran dan bagi yang senang memancing, waduk juga dapat dijadikan tempat memancing yang seru. Tidak hanya sekadar menghabiskan waktu ketika sedang luang, akan tetapi jika berhasil mendapatkan ikan, ikan tersebut dapat dibawa pulang dan juga kemudian diolah sesuai dengan keinginan.

14. Kanal-kanal

Pembangunan waduk bisa sebagai jaminan akan tersedianya air ke sungai, khususnya di wilayah-wilayah yang kemungkinan aliran air alaminya kecil untuk dialirkan ke sebuah kanal.

15. Sebagai Penyeimbang Aliran Air

Ketika air aliran air begitu deras, air bisa ditampung oleh waduk sehingga aliran air bisa diseimbangkan dan ketika alirannya mulai melambat maka akan dilepaskan kembali.

Demikianlah fungsi waduk bagi kehidupan manusia secara langsung dan tidak langsung. Waduk rupanya bukan lagi sebagai penampung air dan juga berperan sebagai sumber irigasi, melainkan juga beberapa lokasi waduk dapat dijadikan tempat wisata menarik.

Comments

  1. emang banyak banget ya fungsi waduk ini ditempatku aja jadi tenaga listrik lo https://repository.unair.ac.id/8309/

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises