Komponen-Komponen CPU Komputer Beserta Fungsinya Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Komponen-Komponen CPU Komputer Beserta Fungsinya

Komponen-Komponen CPU Komputer Beserta Fungsinya
Setiap komputer pasti mempunyai sebuah CPU untuk menjalankan kinerja pada sebuah komputer itu sendiri. Tanpa CPU, sebuah komputer rasanya tidak bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, tidak akan berjalan sama sekali.

CPU (Central Processing Unit) ialah suatu induk atau pusat pemprosesan data dari perangkat komputer. Sementara di dalam sebuah unit CPU, terdapat komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dan ini menjadi hal penting untuk dapat memproses suatu data dari perangkat komputer yang telah disebutkan tadi.

Adapun komponen-komponen CPU komputer beserta fungsinya yakni sebagai berikut:

1. Casing CPU

Casing CPU biasanya terbuat dari bahan plastik dan juga terbuat dari bahan besi, stainless, dan lain sebagainya. Casing ini berfungsi untuk melindungi berbagai komponen-komponen yang terdapat pada CPU, tentunya untuk lebih melindungi dari debu, panas, dan air, atau hal-hal lain yang dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja CPU itu sendiri.

Selain itu, Casing juga mempunyai fungsi sebagai tempat kita meletakkan dan juga memasang berbagai komponen seperti motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan masih banyak yang lainnya.

2. Motherboard

Motherboard ini ialah sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan juga dapat terhubung satu dengan yang lain. Adapun komponen-komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard ini yaitu processor, sound card, video card, hard disk, dan lain sebagainya.

Motherboard juga mempunyai fungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Selain itu, setiap motherboard juga mempunyai acuan spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya, spesifikasi processor seperti apa yang bisa tertanam dan juga didukung motherboard itu. Dan juga seberapa besar kapasitas maksimal sebuah RAM yang didukung oleh Motherboard tersebut.

Hal ini dapat diartikan bahwa tidak semua motherboard CPU itu sama. Dan juga tidak bisa sembarangan juga memasang setiap komponen di motherboard CPU. Sebab, jika tidak didukung maka kemungkinan komponen tersebut tidak akan terbaca dalam perangkat komputer.

3. Processor

Processor yaitu salah satu komponen inti yang terdapat dalam CPU komputer. Sebab, apabila tidak ada processor, kemungkinan perangkat komputer tidak bisa bekerja sama sekali. Oleh sebab itu, banyak yang menyebutkan bahwa processor ialah otak dari komputer. Semua proses atau perintah akan dikerjakan pada processor meskipun dengan adanya bantuan komponen-komponen yang lainnya. Maka demikian, semakin tinggi kecepatan sebab processor, maka semakin cepat juga komputer dalam memproses berbagai macam data.

Akan tetapi perlu diketahui, performa tersebut juga sangat bergantung dengan bantuan RAM dan juga Hardisk yang ukurannya besar.

4. Kipas Processor

Komponen yang satu ini ialah sebuah perangkat yang dipekerjakan untuk membantu kinerja suatu processor. Kipas Processor mempunyai fungsi sebagai pendingin dan menjaga agar suhu processor tetap dingin dan juga stabil. Hal ini bertujuan supaya perangkat processor komputer tidak cepat overhead dan juga rusak.

5. RAM

RAM (Random Access Memory) ialah salah satu komponen yang terdapat pada bagian-bagian unit CPU. RAM juga mempunyai kedudukan yang penting bagi perangkat komputer. Pasalnya, komponen yang satu ini bekerja sebagai tempat menampung data sementara yang sudah diproses processor sebelum dilanjutkan pada komponen-komponen lain.

RAM juga bisa diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar ataupun kecil, akan tetapi hal ini juga harus menurut maksimal RAM yang terdukung di motherboard anda. Sebesar apapun kapasitas dari memori RAM anda, tapi apabila hal itu tidak didukung oleh motherboard, maka akan dipastikan hal tersebut tidak bisa terbaca oleh suatu perangkat komputer.

Terlepas dari hal tersebut, satuan RAM biasanya menggunakan suatu perhitungan byte. Dan kapasitas RAM yang beredar di pasaran biasanya memiliki kapasitas seperti berikut:

256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan lainnya

Jenis memori yang masih diproduksi saat ini ialah sebagai berikut:
  • DDR-1
  • DDR-2
  • DDR-3
6. Hardisk (HDD)

Layaknya seperti sebuah SD Card pada smartphone, Hardisk juga mempunyai fungsi untuk menyimpan berbagai data dan juga menyimpan berbagai sistem operasi dari suatu perangkat komputer itu sendiri. Hardisk biasanya juga menggunakan perhitungan byte. Dan semakin besar kapasitas pada sebuah hardisk, maka semakin banyak pula data-data konvensional yang juga bisa anda simpan.

Ukuran kapasitas Hardisk yang beredar dipasaran biasanya mulai dari 250 GB, 500 GB, dan 1 TB, sampai 3 TB.

7. CD/DVD ROM

CD/DVD ROM atau juga yang dapat disebut dengan optical disk drive ini ialah piranti yang bisa digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM juga bisa digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software seperti Nero, Infra Recorder, dan sebagainya.

Telepas dari hal tersebut, adapun format yang termasuk kedalam CD/DVD ROM yaitu CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

8. VGA CARD (Video Graphic Adapter)

VGA (Video Graphic Adapter) ialah salah satu komponen yang dirasa sangat penting untuk sebuah perangkat komputer. Sebab, komponen yang satu ini mempunyai fungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. Tanpa VGA, maka layar komputer dapat dipastikan tidak menampilkan apa-apa, alias blank. VGA juga sangat penting untuk menentukan kualitas pada gambar yang ditampilan dalam sebuah monitor komputer.

9. Sound Card

Piranti ini lebih berfungsi sebagai pengolah audio untuk sebuah perangkat komputer. Sound card juga mempunyai fungsi sebagai prosesor audio, yang mana bisa mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan juga menghasilkan audio atau suara pada sistem komputer anda.

Sound Card juga mempunyai fungsi untuk mengontrol semua audio yang terdapat pada perangkat komputer. Tanpa adanya perangkat ini, maka dapat dipastikan komputer anda tidak akan bersuara.

10. Power Supply

Komponen-komponen CPU yang terakhir adalah Power Supply, yaitu bagian dari sistem komputer dan juga unit CPU yang mempunyai fungsi sebagai pembagi daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen-komponen komputer. Selain itu, Power Supply juga memiliki fungsi untuk merubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen-komponen dalam komputer itu sendiri.

Power Supply mempunyai tegangan daya yang berbeda-beda ada dari 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, hingga 600 watt, dan sebagainya.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises