Pengertian Dan Manfaat Internet Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in

Pengertian Dan Manfaat Internet


Di zaman yang semuanya serba modern ini, internet hampir menjadi kebutuhan primer oleh setiap orang. Tak hanya dikalangan para remaja saja, namun orang tua bahkan anak-anak telah banyak menggunakan internet.

Baik itu digunakan untuk berkomunikasi, belanja, bermedia sosial, dan bermain game, maupun untuk kepentingan yang lainnya. Dengan adanya internet telah emberikan kemudahan bagi setiap individu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka tak heran apabila kebutuhannya terus saja meningkat. Namun tahukah kamu apa sebenarnya pengertian internet? Jika belum, maka simak ulasan berikut ini untuk mengetahui tentang internet lebih jauh lagi.

Pengertian internet

Internet merupakan sebuah jaringan yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media lainnya. Jaringan komunikasi inilah yang akan mentransfer data secara tepat dan juga cepat melalui frekuensi tertentu. Adapun standar global penggunaan internet sendiri telah memakai Internet Protocol ataupun Transmission Control Protocol (IP/TCP).

Jika belum tahu, istilah tersebut ialah bentuk protokol pertukaran paket, yang mana sudah dipakai secara global. Kemudian, proses menghubungkan rangkaian internetnya disebut dengan internetworking.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli:

Berikut ini pengertian internet menurut para ahli:

1. Menurut Allan (tahun 2005)

Menurut Allan, internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang terhubung satu dengan lainnya, yang bisa membaca dan juga menerapkan berbagai protokol komunikasi atau yang biasa dikenal dengan istilah IP dan TCP. Masih menurut Allan, protokol tersebut ialah sebuah spesifikasi sederhana tentang bagaimana komputer saling terhubung satu sama lain dan berinteraksi.

2. Menurut Turban, Potter, dan juga Rainer (tahun 2005)

Selanjutnya internet menurut Turban, Potter, dan Rainer yakni sebuah jaringan besar yang dapat menghubungkan komputer. Mulai dari menghubungkan jaringan antar organisasi sekolah, pemerintah, bisnis, dan juga lembaga lainnya secara cepat.

3. Menurut Harjono (2009)

Pengertian internet selanjutnya disampaikan oleh Harjono, yang diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer, bahkan dapat sampai ribuan komputer di dunia yang saling terhubung dan juga terkoneksi satu sama lain. Dalam menghubungkan komputer-komputer tersebut, dibutuhkan sebuah media, seperti kabel, satelitt, dan serat optik, maupun sambungan telepon. Dengan media tersebut, setiap komputer bisa berinteraksi satu dengan lainnya.

4. Menurut Sarwono (2012)

Menurut Sarwono, internet merupakan kumpulan jaringan dengan skala global. Pada awalnya, internet hanya dipakai pada ranah militer saja, namun saat ini internet sudah digunakan oleh masyarakat umum. Semua kalangan pun telah mudah mengoperasikannya. Dan menurut Sarwono, tak ada yang bertanggung jawab untuk menggunakan internet.

5. Menurut Supriyanto (2006)

Kelima, internet menurut Supriyanto ialah sebuah hubungan antar beberapa komputer melalui jaringan yang terdapat di dunia dan mempunyai sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda-beda. Hubungan tersebut bisa terjadi dengan memanfaatkan telepon atau satelit yang menggunakan protokol standar dalam komunikasi.

6. Menurut Sibero (2011)

Selanjutnya menurut Sibero, internet ialah Interconnected Network, yakni sebuah jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global. Internet bisa bekerja karena adanya jaringan komputer, baik jaringan lokal maupun jaringan dengan jangkauan global yang lebih luas. Selain itu, internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama, yakni IP atau TCP.

7. Menurut Berners Lee

Kemudian menurut Berners Lee, internet ialah sebuah jaringan yang mempunyai beberapa jaringan di dalamnya. Konsep dari Berners Lee tersebut bisa diartikan bahwa adanya jaringan komputer lokal yang terhubung dengan jaringan lainnya.

8. Menurut O’Brien

Internet menurut O’Brien ialah sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat. Di mana keberadaan dan perkembangan internet itu sendiri dapat memberikan dampak positif bagi berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, dan pemerintahan, serta bidang lainnya.

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Internet telah memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan banyak hal. Tak hanya di kalangan anak-anak, namun berbagai kalangan juga sangat terbantu dengan adanya internet. Internet sudah masuk ke berbagai ranah kehidupan, dan juga memberikan manfaat di dalamnya. Lalu apa saja manfaat internet yang dapat diperoleh di berbagai bidang kehidupan?

1. Manfaat di bidang pendidikan

Internet sangat membantu kegiatan para peserta didik di bidang pendidikan. Tak hanya di kalangan mahasiswa yang telah menuntut ilmu di perguruan tinggi saja, namun kalangan yang masih duduk di jenjang SD, SMP, SMA juga sangat terbantu dengan adanya internet.

Begitu juga bagi mereka yang tidak bersekolah dan juga memilih home schooling di rumah masing-masing. Terdapat banyak hal yang didapatkan melalui internet sebagai sarana belajar. Setiap anak atau siswa bisa mengakses jutaan informasi melalui internet. Sehingga akan sangat membantu mereka dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki.

Selain itu, melalui internet setiap orang juga bisa mengembangkan keterampilan masing-masing. Melalui banyaknya fitur yang dapat diakses dengan internet, mereka bisa mencari dan juga terus mengembangkan keterampilan.

Dengan jaringan yang baik dan juga cepat, kamu bisa menemukan berbagai hal baru. Jadi akan sangat mudah bagi siapapun mengakses dan juga menguji ketrampilan yang dimiliki. Fitur pencarian dan juga audio visualnya, akan sangat membantu untuk belajar tentang apapun yang terdapat di dunia ini.

2. Manfaat di bidang kesehatan

Di bidang kesehatan, internet juga telah memberikan banyak manfaat. Kamu dapat mengakses informasi kesehatan dengan bantuan jaringan komputer. Bahkan informasi kesehatan tersebut telah sangat banyak ditemui, sampai-sampai kamu lah yang harus berhati-hati ketika mencari informasi tersebut.

Dengan internet pula, orang-orang dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan para dokter. Beberapa website kini telah menawarkan konsultasi kesehatan secara online dengan para dokter yang memang ahli dalam bidang kesehatan tertentu. Melalui internet juga, kamu dapat mengakses berbagai hal untuk menjaga kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat, cara mengelola kesehatan, makanan yang bagus dikonsumsi atau dihindari, dan rekomendasi rumah sakit, serta masih banyak lagi lainnya.

3. Manfaat di bidang bisnis

Lalu di bidang bisnis, internet juga memudahkan para pebisnis untuk meraih keuntungan finansial. Bagi para pengusaha, kamu dapat membuat website usaha, e-commerce, dan juga industri kreatif, atau bisnis startup. Yang penting diperhatikan pula, ketika memutuskan untuk memanfaatkan internet dalam kegiatan bisnis, maka jangkauan yang kamu miliki akan jauh lebih luas. Dengan begitu, bisnis juga akan lebih mudah untuk berkembang.

Menjadi seorang content creator adalah profesi yang paling populer dan menghasilkan saat ini. Hanya bermodalkan internet dan juga ponsel pintar, Grameds dapat meraup untung di bisnis digital.

4. Manfaat di bidang komunikasi informasi

Selanjutnya manfaat internet juga dapat didapatkan di bidang komunikasi dan informasi. Saat ini, tentu kamu telah merasakan betapa mudahnya untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh. Komunikasi baik melalui audio, dan visual, maupun audio visual saat ini amat mudah dilakukan. Kamu dapat melihat dan juga mengetahui keadaan orang lain yang jauh dari jangkauan. Hal ini menunjukkan pesatnya perkembangan komunikasi dengan adanya internet.


Begitu juga dalam bidang informasi, di mana setiap orang bisa mengakses jutaan informasi melalui mesin pencarian di internet. Informasi apapun sudah tersedia di sana, dan kamu dapat mendapatkannya hanya dengan sekali klik.

Bahkan, informasi dari negara lain yang jaraknya sangat jauh pun telah dapat dinikmati dalam hitungan menit. Hal ini sesuai dengan pengertian internet yang mana media elektronik pada abad ke 21 bisa memberikan akses jaringan dengan lebih cepat dan juga jangkauan yang lebih luas.

Berkembangnya internet juga sudah memberikan variasi baca buku melalui eBook. Kelebihan eBook yakni pembaca dapat membaca di mana saja melalui ponsel atau tablet, menghemat penggunaan kertas, dan buku yang diunduh tersimpan di dalam cloud, serta membaca lebih praktis dan efisien.

5. Manfaat di bidang sosial dan hiburan

Hal penting lain yang sangat diuntungkan dengan adanya internet adalah mudahnya setiap orang untuk mendapat hiburan. Terdapat banyak platform yang memberikan kesempatan bagi siapapun untuk bersosial di media dan juga mendapatkan hiburan.

Adanya media sosial selain membuat setiap orang mudah berinteraksi satu sama lain juga memberikan akses hiburan. Baik itu dengan melihat foto-foto yang lucu maupun melihat jutaan video yang bisa dipilih sendiri. Dengan akses yang mudah, semua orang pun bisa memperoleh hiburan kapanpun dan dimanapun.

Comments

Populer

Cara Kerja Kincir Angin: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Kincir Angin Kincir angin adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sehingga kincir angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia daerah yang sudah menerapkan pembangkit listrik tenaga angin ialah Nusa Tengara Timur dan Yogyakarta. Cara Kerja Kincir Angin Cara kerja kincir angin ialah dengan memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor hingga bisa diubah menjadi energi listrik. Maka dari itu, alat ini biasanya digunakan di daerah pulau-pulau kecil yang memiliki tiupan angin stabil dan kencang. Pada kincir angin terdapat beberapa bagian yang menjadi komponennya seperti generator dan baling-baling. Kedua komponen tersebut membantu kerja kincir angin agar bisa menghasilkan energi listrik. Di bawah ini rangkain kerja dari kincir angin, antara lain: Kerja kincir angin diawali dengan adanya sumber energi angin yang mengakibatkan turbin atau kincir angin berputar Kemudian putaran dari turbin

Cara Kerja Komputer

Cikal bakal komputer hanyalah sebuah mesin hitung sederhana. Zaman dahulu komputer hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer mengalami perkembangan dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Cara kerja komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu untuk menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang telah ada. Suatu pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi. Agar komputer bisa digunakan untuk mengolah sebuah dat

Financial Crisis Preparedness

Financial Crisis Preparedness Importance Of Financial Crisis Preparedness Financial crisis preparedness is of crucial importance for individuals, businesses, and governments alike. A financial crisis can have far-reaching impacts on the economy, leading to job losses, business closures, and declining financial markets. It is essential to have a well-developed crisis plan in place to help mitigate the effects of a financial crisis and ensure a swift recovery. Such a plan should include measures to manage risks, maintain financial stability, and ensure access to emergency funding. Additionally, it should involve regular stress tests to assess the ability of the financial system to withstand shocks. The benefits of such preparedness are significant and can help to prevent or minimize the negative impacts of a financial crisis on the economy and society as a whole. - The Impact Of Financial Crises On Individuals And Economies Financial crises