Pengertian Teori Piaget dan Brunner Skip to main content

Big Ad

Featured Post

Insurance Deductible Options

Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in...

Pengertian Teori Piaget dan Brunner


Pengertian Teori Piaget dan Brunner

Kemajuan dalam dunia pendidikan sangat ditentukan oleh para pendidik. Pendidik harus memiliki kemampuan khusus agar materi yang dikomunikasikan kepada peserta didik dapat dipahami dengan baik. Namun, pada saat ini masih terdapat pendidik yang belum memahami pentingnya pendidikan dalam mengatasi masalah sosial budaya, dan bagaimana cara mengajarkan metode yang tepat untuk siswa dari semua kemampuan intelektual, memerlukan keterampilan kognitif untuk membimbing murid.

Oleh karena itu, perlu untuk menjelaskan dan membahas teori belajar. Agar lebih spesifik dan terarah, artikel ini akan memaparkan dan menjelaskan salah satu dari beberapa teori belajar yang ada, yaitu teori belajar kognitif menurut dua ahli, Piaget dan Bruner, dan diharapkan dapat memberikan pemahaman, menambah wawasan, dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, khususnya bagi pendidik dan calon pendidik, sehingga peserta didik mengharapkan pembelajaran yang baik.

Pengertian Teori Piaget

Teori perkembangan kognitif Jean Piaget atau teori Piaget menunjukkan menjelaskan bahwa pertumbuhan anak berjalan seiring dengan perubahan tingkat kecerdasan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental pada dirinya. Menurut teori belajar Piaget, perkembangan mental atau kognitif anak terdiri dari empat tahapan yang berurutan. Tahapan tersebut adalah tahap sensori motor, tahap praoperasional, tahap operasional konkret, dan operasional formal.

1. Tahap Sensori Motor dalam Teori Belajar Piaget

Tahap sensori motor terjadi pada usia 0 sampai dengan 2 tahun. Tahap ini ditandai dengan kecerdasan motorik (gerak), benda yang ada adalah benda yang tampak, dan tidak ada bahasa pada tahap awal.

2. Tahap Praoperasional dalam Teori Belajar Piaget

Tahap praoperasional terjadi pada usia 2 sampai dengan 7 tahun. Tahap ini ditandai dengan perkembangan kemampuan anak dalam berpikir secara egosentris, alasan-alasan didominasi oleh persepsi lebih banyak intuisi daripada pemikiran logis, dan anak belum cepat melakukan konservasi.

3. Tahap Operasional Konkret dalam Teori Belajar Piaget

Tahap operasional konkret berawal dari anak berusia 6 atau 7 tahun dan berakhir pada usia 11 tahun. Menurut Piaget, keterbatasan-keterbatasn yang dialami oleh anak pada usia praoperasional mulai mengalami perubahan pada tahap ini walaupun belum sepenuhnya berubah.

4. Tahap Operasional Formal dalam Teori Belajar Piaget

Tahap operasional formal pada anak dimulai pada usia 11 tahun dan berakhir pada usia 14 atau 15 tahun. Menurut Piaget, tahap operasional formal ini merupakan tahap akhir dari perkembangan struktur berpikir. Anak pada tahap ini sepenuhnya telah mampu melakukan operasi secara logis namun terbatas dalam pengalaman

Pengertian Teori Brunner

Pada Teori Bruner ini sering dikenal dengan nama discovery learning yang pada penerapannya meliputi pembelajaran berbasis lingkungan yang dilakukan agar anak mempunyai rasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Menurut Bruner, proses belajar peserta didik dalam teori belajar Bruner terdiri dari tahap enaktif atau tahap kegiatan (enactive), tahap ikonik atau tahap gambar bayangan (iconic), dan tahap simbolik (symbolic). Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tahap Enaktif atau Tahap Kegiatan (Enactive) dalam Teori Belajar Bruner

Tahap enaktif (enactive) merupakan tahap pertama anak dalam berhubungan dengan benda nyata atau peristiwa nyata di dunia sekitar. Pada tahap ini, anak masih berada dalam gerak refleks, mencoba-coba, dan belum harmonis.

2. Tahap Ikonik atau Tahap Gambar Bayangan (Iconic) dalam Teori Belajar Bruner

Pada tahap ikonik (iconic), anak telah mampu mengubah, menandai, dan menyimpan peristiwa atau benda dalam bentuk bayangan mental. Anak dapat membayangkan kembali. Anak dapat memberikan gambaran dalam pikirannya tentang benda atau peristiwa yang dialami atau dikenalnya pada tahap enaktif, meskipun benda atau peristiwa itu telah berlalu.

3. Tahap Simbolik (Symbolic) dalam Teori Belajar Bruner

Tahap simbolik (symbolic) merupakan tahapan terakhir belajar anak menurut teori belajar Bruner. Pada tahap simbolik ini, anak dapat mengutarakan bayangan mental yang telah didapatkannya pada tahap ikonik dalam bentuk simbol dan bahasa. Jika ia berjumpa dengan suatu simbol maka bayangan mental yang ditandai dengan simbol tersebut dapat dikenalnya kembali.

Konsep Dasar Teori Piaget dan Brunner

Konsep Dasar Teori Piaget ini banyak dipakai dalam penentuan proses pembelajaran di kelas SD terutama pembelajan IPA. Berdasarkan teori diatas, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan pembelajaran di kelas antara lain bahwa piaget beranggapan anak bukan merupakan suatu botol kosong yang siapun untuk di isi, melainkan anak secara aktif akan membangun pengetahuan dunianya, teori piaget ini mengajarkan kita pada suatu kenyataan bahwa seluruh anak mengikuti pola perkembangan yang sama tanpa mempertimbangkan kebudayaan dan kemampuan anak secara umum. Teori Piaget berfokus pada anak-anak mulai dari lahir hingga remaja dan menjelaskan berbagai tahap perkembangan termasuk Bahasa, moral, memori dan pemikiran (dalam Willis, R., 2011) . Sedangkan Konsep Dasar Teori Brunner terhadap belajar didasaran pada dua asumsi. Asumsi pertama adalah bahwa perolehan pengetahuan merupakan suatu proses interaktif, berlawanan dengan penganut teori perilaku Brunner yakin bahwa yang belajar berinteraksi dengan lingkungannya secara aktif, perubahan tidak hanya terjadi di lingkungan tetapi juga dalam diri orang itu sendiri. Brunner (dalam Nurhadi, N., 2020) mengemukakan bahwa belajar melibatkan tida proses yang berlangsung hamper bersamaan.

Fungsi Teori Piaget dan Brunner

1. Memfokuskan pada proses berfikir atau proses mental anak tidak sekedar pada produknya.

2. Pengenalan dan pengakuan atas peranan anak-anak yang penting sekali dalam inisiatif diri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

3. Tidak menekankan pada praktek-praktek yang diarahkan untuk menjadikan anak-anak seperti orang dewasa pada pemikirannya.

Comments

Populer

Pengertian Biomaterial, Proses Pembuatan, Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Biomaterial  Biomaterial adalah material yang digunakan dalam aplikasi medis, baik untuk tujuan diagnostik maupun terapeutik, yang dapat berinteraksi dengan sistem biologis manusia dan memperbaiki atau menggantikan fungsi organ atau jaringan yang rusak atau hilang. Biomaterial dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti logam, polimer, keramik, dan bahan-bahan biologis seperti sel dan jaringan. Pada umumnya, biomaterial memiliki sifat fisik dan kimia yang stabil dan dapat diatur, biokompatibel (tidak menimbulkan reaksi alergi atau toksisitas), dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Biomaterial digunakan dalam berbagai aplikasi medis, seperti implant tulang, gigi palsu, katup jantung, prostesis, dan alat-alat medis lainnya. Proses Pembuatan Biomaterial  Proses pembuatan biomaterial dapat bervariasi tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Berikut adalah beberapa contoh proses pembuatan biomaterial: Polimer sintetik: Polimer sintetik dapat dibuat me...

Definisi dan Fungsi Struktur Mikro

Definisi Struktur Mikro Struktur mikro adalah struktur yang dapat diamati dibawah mikroskop optik. Walaupun dapat juga diartikan sebagai hasil dari pengamtan menggunakan scanning electron microscope (SEM). Mikroskop optik bisa memperbesar struktur hingga 1500 kali. Untuk bisa mengamati struktur mikro sebuah material di mikroskop optik, maka harus melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: Melakukan pemolesan secara bertahap hingga tingkat kehalusan lebih dari 0,5 mikron. Proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan ampelas secara bertahap dimulai dari grid yang kecil (100) hingga gird yang besar (2000). Setalah itu dilanjutkan dengan pemolesan oleh mesin poles dibantu dengan larutan pemoles. Etsa dilakukan setelah struktur mikro diperluas. Etsa ialah membilas atau mecelupkan permukaan material yang akan diamati ke dalam sebuah larutan kimia yang telah dibuat sesuai dengan kandungan paduan logamnya. Hal ini dilakukan untuk memunculkan fasa-fasa yang ada pada struktur mikro. Metalogr...

Mengenal Fungsi Dan Cara Kerja MRI (Magnetic Resonance Imaging)

MAGNETIC RESONANCE IMAGING atau biasa disebut dengan MRI ialah prosedur pemeriksaan medis untuk menampilkan citra dari struktur rangka tubuh atau organ dalam pasien. Dilakukannya proses pemeriksaan MRI, maka dokter akan mendapatkan gambar bagian tubuh pasien yang telah dipindai untuk menentukan langkah tindakan medis berikutnya. Pemeriksaan MRI dilaksanakan dengan sebuah teknik pemindaian bidang radiologi yang menggunakan magnet, gelombang radio (radio frekuensi) dan juga komputer untuk mendapatkan gambar struktur tubuh. Jadi pemeriksaan MRI tidak memakai sinar X. Berikutnya, medan magnet bisa diubah setiap waktu dan kemudian arus listrik dialirkan, dikelola, dan juga dikomputasi sehingga akan menghasilkan gambar-gambar yang sifatnya akan mencerminkan keadaan yang ada di dalam jaringan atau organ-organ dalam tubuh pasien. Dijelaskan, tujuan pemeriksaan MRI yakni untuk mendiagnosis suatu penyakit. Maksudnya sebagai salah satu penentu untuk langkah pengobatan selanjutnya. Tak hanya itu, ...