Insurance Deductible Options - Importance Of Understanding Deductible Options Having a sound understanding of deductible options is an essential part of managing personal or business finances. Deductibles are the amount of money you pay out of pocket before insurance coverage starts. It's important to understand how deductibles work and the various options available to you. By choosing the right deductible option, you can manage your finances more effectively and ensure that you're not overpaying for insurance coverage. Furthermore, understanding deductible options can help you make informed decisions about healthcare services, business expenses, and other financial matters. In summary, having a good grasp of deductible options is a fundamental step in achieving financial stability and security. Types Of Deductibles A deductible is a type of expense that an individual or business must pay before receiving in
Kurikulum dapat mencakup lingkup yang sangat luas, yaitu sebagai program pengajaran pada suatu jenjang pendidikan, dan dapat pula menyangkut lingkup yang sempit, seperti program pengajaran suatu mata pelajaran untuk beberapa macam mata pelajaran. Apakah dalam lingkup yang luas atau sempit, kurikulum membentuk desain yang menggambarkan pola organisasi dari komponen-komponen kurikulum dengan perlengkapan penunjangnya.
Kurikulum Sebagai Suatu Sistem
Jika ditinjau secara etimologis, sistem berasal dari bahasa latin yaitu systema dan bahasa Yunani yaitu systema yang artinya suatu kesatuan komponen/ elemen yang dihubungkan secara bersama untuk memudahkan arus informasi dalam mencapai tujuan.Adapun pengertian sistem menurut beberapa ahli yaitu:
- Murdick (1986) menyatakan pengertian sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk bagan pengolahan demi mencapai suatu tujuan bagian ataupun tujuan bersama dengan mengoperasikan data/barang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan informasi/ energi/ barang.
- Davis (1991) mendefinisikan sistem merupakan kumpulan elemen yang beroperasi untuk menyelesaikan suatu sasaran secara Bersama-sama.
- Lani Sidharta (1995) menyatakan sistem sebagai himpunan bagian-bagian yang saling berhubungan dalam mencapai tujuan bersama.
- Indrajit (2001) mengartikan sistem adalah kumpulan komponen yang memiliki unsur keterkaitan satu sama lain.
- Jogianto (2005) menuturkan bahwa sistem merupakan kumpulan-kumpulan elemen yang saling berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Komponen Dalam Kurikulum
Salah satu fungsi dari kurikulum adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya.Mohammad Mustari (2014) menyatakan bahwa komponen adalah satu sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau satu komponen saja tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Komponen pokok dari kurikulum meliputi:
- Tujuan
- Materi atau isi
- Strategi pembelajaran
- Evaluasi.
- Sistem administrasi dan supervisi
- Sistem bimbingan dan penyuluhan dan
- Sistem evaluasi.
- Kesesuaian kurikulum antara tuntunan, kebutuhan, kondisi, dan perkembangan masyarakat.
- Kesesuaian antara komponen-komponen dalam kurikulum.
- Tujuan,
- Isi/ Materi,Strategi dalam PBM, dan
- Evaluasi.
1. Komponen Tujuan
Komponen tujuan berhubungan dengan hasil (produk) yang diharapkan. Dalam skala makro rumusan tujuan kurikulum berkaitan erat dengan filsafat atau sistem nilai yang dianut masyarakat serta menggambarkan suatu masyarakat yang dicita-citakan. Gagne dan Briggs (1979) menyatakan bahwa tujuan merupakan suatu kapasitas yang dapat dilakukan dalam waktu tidak lama setelah suatu kegiatan pendidikan berlangsung, bukan merupakan apa yang dialami siswa selama proses pendidikan. Tujuan pendidikan memiliki klasifikasi dimulai dari tujuan yang sangat umum sampai tujuan khusus yang bersifat spesifik dan memiliki kompetensi yang dapat diukur. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi 4, yaitu:
a. Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
Tujuan pendidikan nasional bersifat paling umum dan merupakan sasaran yang harus dijadikan pedoman oleh setiap usaha pendidikan. Tujuan pendidikan umum biasanya dirumuskan dalam bentuk perilaku yang ideal sesuai dengan pandangan hidup dan filsafat suatu bangsa yang dirumuskan oleh pemerintah dalam bentuk undang-undang. Secara jelas tujuan pendidikan nasional yang bersumber dari sistem nilai pancasila dirumuskan dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b. Tujuan Institutional (TI)
Tujuan institusional diharapkan dapat tercapai oleh setiap sekolah ataupun lembaga pendidikan. Tujuan institusional dirumuskan dalam bentuk kompetensi lulusan setiap jenjang pendidikan, misalnya standar kompetensi pendidikan dasar, menengah, kejuruan, dan jenjang pendidikan tinggi.
c. Tujuan Kurikuler (TK)
Tujuan kurikuler adalah tujuan yang diharapkan dapat tercapai oleh setiap bidang mata pelajaran.
d. Tujuan Instruksional
Tujuan instruksional merupakan bagian dari tujuan kurikuler sehingga dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah mereka mempelajari materi tertentu dalam satu kali pertemuan. Guru yang berinteraksi langsung dan paling mengerti sifat, kondisi serta karakteristik peserta didik di kelas sehingga menjabarkan tujuan instruksional /pembelajaran merupakan tugas seorang guru.
2. Komponen Isi
Pada hakikatnya komponen isi merupakan komponen yang berhubungan dengan pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa. Komponen tersebut menyangkut semua aspek, baik yang berhubungan dengan pengetahuan ataupun materi pelajaran yang biasanya tergambarkan pada isi setiap mata pelajaran. Baik materi maupun aktivitas pembelajaran tersebut seluruhnya diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Dalam Undang-undang pendidikan Bab IX dalam sistem pendidikan nasional telah ditetapkan bahwa isi kurikulum merupakan bahan kajian dalam pelajaran untuk mencapai tujuan penyelenggaraan satuan pendidikan yang bersangkutan dalam rangka upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Saylor dan Alexander dalam Zais (1976) mengemukakan bahwa isi kurikulum meliputi fakta-fakta, observasi, data, persepsi, penginderaan, pemecahan masalah, yang berasal dari pikiran manusia dan pengalamannya yang diatur dan diorganisasi dalam bentuk gagasan (ideas), konsep (concept), generalisasi (generalization), prinsip-prinsip (principles), dan pemecahan masalah (solution).
Sedangkan Hyman (Zais, 1976) mendefinisikan isi/konten kurikulum ke dalam tiga elemen, yaitu pengetahuan (knowledge), keterampilan dan proses, nilai(values). Nana sudjana (1988) mengungkapkan secara umum sifat bahan/isi ke dalam beberapa kategori, yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan.
Menentukan isi atau materi pembelajaran tidak lepas dari filsafat dan pengembangan teori pendidikan. Dalam hal ini, materi pembelajaran disusun secara logis dan sistematis dalam bentuk:
- Teori. Seperangkat konsep yang terkonstruk, definisi yang saling berkaitan, penyajian pendapat yang sistematik tentang gejala dengan mengklasifikasi korelasi antar variabel dengan maksud yang jelas.
- Konsep. Suatu abstraksi yang dibentuk oleh organisasi dari kekhususan-kekhususan dan merupakan pengertian singkat dari sekelompok fakta.
- Generalisasi. Kesimpulan umum berdasarkan hal-hal yang khusus, bersumber dari hasil analisis, pendapat dan pembuktian dalam penelitian.
- Prinsip. Ide, gagasan utama atau pola skema yang ada dalam materi yang mengembangkan hubungan antara beberapa konsep.
- Prosedur. Seri langkah-langkah yang berurutan dalam materi pelajaran yang harus dilakukan peserta didik.
- Fakta. Sejumlah informasi khusus dalam materi yang dianggap penting, terdiri dari terminologi, orang dan tempat serta kejadian.
- Istilah. Kata-kata perbendaharaan yang baru dan khusus yang diperkenalkan dalam materi.
- Contoh/ilustrasi. Hal atau tindakan atau proses yang bertujuan untuk memperjelas suatu uraian atau pendapat.
- Definisi. Penjelasan tentang makna atau pengertian tentang suatuhal/kata dalam garis besarnya.
- Preposisi. Cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan kurikulum.
- Sekuens kronologis yaitu susunan materi pembelajaran yang mengandung urutan waktu.
- Sekuens kausal yaitu susunan materi pembelajaran yang mengandung hubungan sebab-akibat.
- Sekuens struktural yaitu susunan materi pembelajaran yang mengandung struktur materi.
- Sekuens logis dan psikologis yaitu sekuensi logis merupakan susunan materi pembelajaran dimulai dari bagian menuju pada keseluruhan, dari yang sederhana menuju kepada yang kompleks. Sedangkan sekuens psikologis sebaliknya dari keseluruhan menuju bagian-bagian, dan dari yang kompleks menuju yang sederhana. Menurut sekuens logis materi pembelajaran disusun dari nyata ke abstrak, dari benda ke teori, dari fungsi ke struktur, dari masalah bagaimana ke masalah mengapa.
- Sekuens spiral yaitu susunan materi pembelajaran yang dipusatkan pada topik atau bahan tertentu yang populer dan sederhana, kemudian dikembangkan, diperdalam dan diperluas dengan bahan yang lebih kompleks.
- Sekuens rangkaian ke belakang yaitu sekuens ini mengajar dimulai dengan langkah akhir dan mundur kebelakang.
- Sekuens berdasarkan hierarki belajar yaitu prosedur pembelajaran dimulai menganalisis tujuan-tujuan yang ingin dicapai, kemudian dicari suatu hierarki urutan materi pembelajaran untuk mencapai tujuan atau kompetensi tersebut. Hierarki tersebut menggambarkan urutan perilaku apa yang mula-mula harus dikuasai peserta didik, berturut-berturut sampai dengan perilaku terakhir.
Strategi dan metode merupakan komponen ketiga dalam pengembangan kurikulum. Strategi pembelajaran dalam hal ini meliputi pendekatan, prosedur, metode, model, dan teknik yang dipergunakan dalam menyajikan bahan/isi kurikulum. Komponen ini merupakan komponen yang memiliki peran yang sangat penting, sebab berhubungan dengan implementasi kurikulum Nana sudjana (2000) mengemukakan bahwa pada hakikatnya strategi pembelajaran adalah tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Hal senada diungkapkan Dick dan Carey (1990) yang mengartikan strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Dari pengertian–pengertian di atas ada dua hal yang perlu diamati, yaitu:
- Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian tindakan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan sebagai sumber daya dalam pembelajaran.
- Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam satu strategi pembelajaran digunakan beberapa metode. Strategi berbeda dengan metode. Metode adalah upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara maksimal. Metode juga digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Strategi menunjuk pada a plan of operation achieving something, sedangkan metode adalah a way in achieving something.
4. Komponen Evaluasi
Evaluasi adalah komponen keempat kurikulum. Evaluasi ditujukan untuk melakukan evaluasi terhadap belajar anak didik (output & proses belajar murid) juga keefektifan kurikulum & pembelajaran. Menurut Zais (1976), penilaian kurikulum secara luas adalah suatu usaha sangat besar yang kompleks yang menantang untuk mengkodifikasi menurut proses salah satu berdasarkan istilah sekuensi atau komponen-komponen.
Evaluasi kurikulum secara luas tidak hanya menulis dokumen yang tertulis, namun yang lebih penting merupakan komponen kurikulum yang diterapkan menjadi bahan-bahan fungsional menurut kejadian-kejadian yg meliputi hubungan murid, pengajar, & material. Adapun kiprah penilaian pada kurikulum secara holistik, baik penilaian belajar anak didik, juga keefektifan kurikulum dan pembelajaran, bisa dipakai menjadi landasan pembangunan kurikulum. Kegiatan penilaian akan menaruh liputan & data mengenai perkembangan anak didik juga keefektifan kurikulum & pembelajaran, sehingga bisa dibentuk keputusan-keputusan pembelajaran dan pendidikan secara sempurna adalah salah satu komponen kurikulum. Evaluasi ditujukan untuk menilai pencapaian tujuan-tujuan yang sudah ditujukan dan menilai proses pelaksanaan mengajar secara keseluruhan.
Sebagaimana dikemukakan oleh Wright (2011) bahwa: “curriculum evaluation may be defined as the estimation of growth and progress of students toward objectives or values of the curriculum”. Sedangkan pada pengertian yang lebih luas, penilaian kurikulum dimaksudkan buat mempelajari kinerja kurikulum secara keseluruhan dipandang menurut aneka macam kriteria. Evaluasi kurikulum memegang peranan penting, baik buat penentuan kebijakan pendidikan pada umumnya maupun untuk pengambilan keputusan pada kurikulum itu sendiri. Hasil-output penilaian kurikulum juga bisa dipakai oleh guru-guru, kepala sekolah dan para pelaksana pendidikan lainnya dalam memahami juga membantu perkembangan peserta didik, menentukan bahan pelajaran, menentukan metode & alat-alat bantu pelajaran, cara evaluasi serta fasilitas pendidikan lainnya.
Adapun beberapa bentuk evaluasi kurikulum di antaranya:
- Context; Situasi atau latar belakang yang memengaruhi jenis-jenis tujuan dan strategi pendidikan yang akan dikembangkan dalam program yang bersangkutan, seperti: kebijakan departemen atau unit kerja yang bersangkutan, sasaran yang ingin dicapai oleh unit kerja dalam kurun waktu tertentu, masalah ketenagaan yang dihadapi dalam unit kerja yang bersangkutan, dan sebagainya.
- Input; Bahan, peralatan dan fasilitas yang disiapkan untuk keperluan pendidikan seperti dokumen kurikulum, dan materi pembelajaran yang dikembangkan, staf pengajar, sarana dan prasarana, media pendidikan yang digunakan dan sebagainya.
- Proses; Pelaksanaan nyata dari program pendidikan tersebut, meliputi:pelaksanaan proses belajar mengajar, pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh para pengajar, pengelolaan program, dan lain-lain.
- Produk; Keseluruhan hasil yang dicapai oleh program pendidikan, yang melingkupi jangka pendek dan jangka panjang.
Dimensi I
- Formatif: Evaluasi dilakukan sepanjang pelaksanaan kurikulum. Data dikumpulkan dan dianalisis untuk menemukan masalah serta mengadakan perbaikan sedini mungkin.
- Sumatif: Evaluasi dilakukan pada akhir jangka waktu tertentu, misalnya pada akhir semester, tahun pelajaran atau setelah lima tahun untuk mengetahui efektivitas kurikulum dengan menggunakan semua data yang dikumpulkan selama pelaksanaan dan akhir proses implementasi kurikulum.
- Proses: Yang dievaluasi ialah metode dan proses dalam pelaksanaan kurikulum. Tujuannya ialah untuk mengetahui metode dan proses yang digunakan dalam implementasi kurikulum.
- Produk: Yang dievaluasi ialah hasil-hasil yang nyata, yang dapat dilihat dari silabus, satuan pelajaran dan alat-alat pelajaran yang dihasilkan oleh guru dan hasil-hasil siswa berupa hasil tes, karangan, termasuk tesis, makalah, dan sebagainya.
- Operasi: Yang dievaluasi keseluruhan proses pengembangan kurikulum termasuk perencanaan, desain, implementasi, administrasi, pengawasan, pemantauan dan penilaiannya termasuk biaya, staf pengajar, penerimaan siswa, pendeknya seluruh operasi lembaga pendidikan itu.
- Hasil belajar siswa: Yang dievaluasi ialah hasil belajar siswa berkenaan dengan kurikulum yang harus dicapai, dinilai berdasarkan standar yang telah ditentukan dengan mempertimbangkan determinan kurikulum, misi lembaga pendidikan serta tuntutan dari pihak konsumen luar.
Keterkaitan Antar Komponen
Komponen tujuan berhubungan dengan hasil/ produk yang diharapkan. Bahkan rumusan tujuan harus menggambarkan cita-cita masyarakat. Isi kurikulum merupakan komponen yang berkaitan dengan pengalaman belajar yang seharusnya dimiliki siswa. Isi/ materi kurikulum itu termasuk semua aspek baik yang berhubungan dengan pengetahuan atau materi pelajaran yang biasanya tergambar pada isi setiap mata pelajaran yang diberikan maupun aktivitas dan kegiatan siswa. Baik materi maupun aktivitas itu seluruhnya diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.Strategi berkaitan dengan upaya yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan. Strategi yang ditetapkan dapat berupa strategi yang menempatkan siswa sebagai pusat dari setiap kegiatan, ataupun sebaliknya. Strategi yang berpusat kepada siswa biasa dinamakan teacher centered. Strategi yang bagaimana yang dapat digunakan sangat tergantung kepada tujuan dan materi kurikulum. Evaluasi merupakan komponen untuk melihat efektivitas pencapaian tujuan. Dalam konteks kurikulum evaluasi dapat berfungsi untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum, atau evaluasi digunakan sebagai umpan balik dalam perbaikan strategi yang diterapkan.
Comments
Post a Comment